azeliasarah's mind

exploration of my mind

Psikosomatik bukan penyakit

Psikosomatik secara umum bukanlah tergolong suatu penyakit, namun hanya rasa cemas dari kecenderungan tidak dapat menyalurkan emosi dengan baik dan akan menjadi penyakit yang dapat dirasakan dengan nyata apabila gelajanya muncul secara terus menerus.
Psikosomatik adalah rasa cemas dan kekhawatiran yang berlebihan, dimana rasa cemas ini apabila berkepanjangan dapat membuat si penderita depresi.
Biasanya, tampak luar si penderita akan terlihat biasa saja sama seperti orang pada umumnya, akan tetapi penderita akan terlihat memiliki psikosomatis ketika ia sedang panik dan efek dari paniknya itu diambang batas.

Misal, penderita psikosomatis sedang panik, maka ia akan resah karena sulit mengendalikan diri atas kekhawatiran yang belum tentu terjadi pada dirinya.
Pemulihan terhadap penderita psikosomatis dapat dilakukan dengan “self-theraphy”, dimana penderita harus pandai mengendalikan gejolak emosi, rasa cemas dan kekhawatiran berlebih yang sedang terjadi pada dirinya. Hal yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menulis, karena dengan menulis, apa yang kita rasakan dapat tersalurkan dengan berbagai macam rasa.

by : @azeliasarah

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: