azeliasarah's mind

exploration of my mind

Kriptografi

Kriptografi (cryptography) merupakan ilmu dan seni untuk menjaga pesan agar aman. Asal kata Cryptography sendiri terbagi atas : “Crypto” yang berarti rahasia dan “graphy” berarti tulisan. Para pelaku atau praktisi kriptografi disebut cryptographers. Sebuah algoritma kriptografik (cryptographic algorithm) disebut cipher.
Cipher merupakan persamaan matematik yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi. Enkripsi merupakan proses yang dilakukan untuk mengamankan sebuah pesan (yang disebut plaintext) menjadi pesan yang tersembunyi (yang disebut ciphertext). Ciphertext adalah pesan yang sudah tidak dapat dibaca dengan mudah. Sedangkan, dekripsi merupakan proses sebaliknya, untuk mengubah ciphertext menjadi plaintext.

 Tujuan Kriptografi
Ada 4 tujuan utama harus dilakukannya kriptografi, antara lain :

 Kerahasiaan, untuk menjaga isi dari informasi dari siapapun kecuali yang memiliki otoritas atau kunci rahasia untuk membuka/mengupas informasi yang telah disandi
 Integritas Data, berhubungan dengan penjagaan dari perubahan data secara tidak sah.
 Autentikasi, berhubungan dengan identifikasi atau pengenalan, baik secara kesatuan sistem maupun informasi itu sendiri.
 Non-Repudiasi adalah usaha untuk mencegah terjadinya penyangkalan terhadap pengiriman atau terciptanya suatu informasi oleh yang mengirimkan/membuat.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: