azeliasarah's mind

exploration of my mind

Apa itu “Multimedia” ??

Asal Kata Mutlimedia

Multimedia sesuatu istilah yang di ambil dari kata “multi” serta “media”. Keduanya mempunyai makna tersendiri, multi berarti kian lebih satu ( banyak ), media berarti sesuatu perantara, media perantara bisa berupa gambar, nada, teks, video, animasi, grafik.
Dengan ada nya multimedia bisa tercipta sesuatu presentasi mengagumkan yang mempunyai nilai interaktif yang tinggi. Multimedia umumnya bisa dikerjakan dengan komputerisasi.
Sesuatu info yang di sajikan dengan multimedia dapat lebih effektif daripada cuma dengan 1 media, dikarenakan dengan multimedia info yang disampaikan lebih menarik , serta lebih di perhatikan oleh tujuan ( human ).

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk memmbuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara)dan juga berupa . Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Sumber :
http://beritakompasterbaru.blogspot.com/2012/10/asal-kata-mutlimedia.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: