azeliasarah's mind

exploration of my mind

TUGAS BAHASA INDONESIA 2 [ PART #4 ]

Nama : Azelia Sarah Yusufa
NPM : 11110265
Kelas : 3KA17
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 2
Dosen : Edy Prihantoro,SS.,MMSI
MHS : http://gunadarma.ac.id

* Pengertian tentang paragraf Generalisasi , Analogi dan Sebab-Akibat *

a) Paragraf Generalisasi adalah pola pengembangan paragraf yang menggunakan beberapa fakta khusus untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat umum.

b) Paragraf Analogi adalah pola penyusunan paragraf yang berisi perbandingan dua hal yang memiliki sifat sama. Pola ini berdasarkan anggapan bahwa jika sudah ada persamaan dalam berbagai segi maka akan ada persamaan pula dalam bidang yang lain.

c) Paragraf Sebab-Akibat adalah tipe paragraf yang penalarannya berawal dari peristiwa yang merupakan sebab, kemudian sampai pada kesimpulan sebagai akibatnya. Polanya adalah A mengakibatkan B.

* Contoh Paragraf Generalisasi

Para atlet memiliki latihan fisik yang keras guna membentuk otot-otot yang kuat dan lentur. Demikian juga dengan tentara, mereka memerlukan fisik yang kuat untuk melindungi masyarakat. Keduanya juga membutuhkan mental yang teguh untuk bertanding ataupun melawan musuh-musuh di lapangan. Oleh karena itu, untuk menjadi atlet dan tentara harus memiliki fisik dan mental yang kuat.

Demikian pula dengan manusia yang tidak berilmu dan tidak berperasaan, ia akan sombong dan garang. Oleh karena itu, kita sebagai manusia apabila diberi kepandaian dan kelebihan, bersikaplah seperti padi yang selalu merunduk.

* Contoh Paragraf Analogi

Seperti sifat komputer yang multitasking , multitasking sendirinya adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada sebuah metode dimana banyak pekerjaan atau dikenal juga sebagai proses diolah dengan menggunakan sumberdaya CPU yang sama. Dalam kasus sebuah komputer dengan prosesor tunggal, hanya satu instruksi yang dapat bekerja dalam satu waktu, berarti bahwa CPU tersebut secara aktif mengolah instruksi untuk satu pekerjaan tersebut.
Sehingga kita dapat memecahkan masalah ini dengan memjadwalkan pekerjaan mana yang dapat berjalan dalam satu waktu, dan kapan pekerjaan yang lain menunggu untuk diolah dapat dikerjakan.

*Contoh Paragraf Sebab-Akibat

Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tak terjangkau bagi masyarakat tak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut.

sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Paragraf
http://www.itukah.com/2013/03/pengertian-dan-contoh-paragraf.html
http://30riyadh.wordpress.com/2012/04/06/buatlah-contoh-sebuah-paragraf-yang-berkaitan-dengan-bidang-anda-sekarang-1-generalisasi-2-analogi-3-sebab-akibat-kausalitas/
http://kumpulanilmu2.blogspot.com/2013/03/contoh-paragraf-argumentasi-sebab-akibat.html

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: