azeliasarah's mind

exploration of my mind

TEAMWORK

NAMA : AZELIA SARAH YUSUFA
NPM : 11110265
KELAS : 2KA17
MATA KULIAH : TEORI ORGANISASI UMUM 2
MHS : http://www.gunadarma.ac.id

*Kelompok Dalam Organisasi*

* Definisi Kelompok :
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , kelompok dapat diartikan sebagai kumpulan orang yang memiliki beberapa atribut sama atau hubungan dengan pihak yang sama.

* Jenis Kelompok :

1. Kelompok Formal adalah kelompok yang mempunyai struktur organisasi dan peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan oleh anggotanya untuk mengatur hubungan antar anggotanya.

2. Kelompok Informal adalah kelompok orang yang tumbuh dari proses interaksi , daya tarik , dan kebutuhan seseorang. Keanggotaan kelompok ini biasanya tidak teratur , biasanya kelompok ini bersifat kekeluargaan.

*Pengalaman Berorganisasi*
Pengalaman pribadi saya dalam berorganisasi salah satunya adalah menjadi ketua kelas dari awal tingkat 1 sampai tahun pertama di tingkat 2 ini.

Pada awal tingkat 1 , saya berinisiatif mengadakan pemilihan organisasi kelas dikarenakan tidak adanya sebuah kepemimpinan di kelas saat itu. Saat itu , saya belum mengenal bagaimana watak mahasiswa/i yang ada di kelas , namun saya memberanikan diri untuk berinisiatif karena sudah 2 minggu perkuliahan berjalan tanpa adanya kepemimpinan.
Teman-teman pun menyerahkan amanat kepada saya , saya pun menyanggupinya dengan senang hati. Saya sempat mengganti wakil ketua di semester 2 dengan alasan wakil terdahulu tidak ada kontribusi di kelas dalam membantu pekerjaan saya.
Saat semester 2 berakhir , alhamdulillah terdapat beberapa dari teman-teman saya di tingkat 1 yang puas dengan kinerja saya selama menjadi ketua kelas di tingkat 1.

Pada awal tingkat 2 , saya menjadi ketua kelas ( lagi ) setelah beberapa bulan dari kepemimpinan ketua kelas terdahulu , teman-teman sepakat memilih saya menjadi ketua kelas yang baru dikarenakan ada beberapa faktor yang mengharuskan mereka mengganti pemimpin , salah duanya karena kurangnya koordinasi antara ketua & anggota organisasi kelas saat itu dan sering terjadinya perombakan susunan organisasi.
Hingga saat ini , saya masih menjadi ketua kelas . Saya berharap teman-teman puas dengan kinerja saya selama menjabat sebagai ketua kelas walaupun terkadang terdapat hal-hal yang diluar keinginan dan kesadaran saya.

*Hambatan :
Hambatan saya selama menjadi ketua kelas adalah memahami dan mengerti apa yang diinginkan oleh anggota organisasi kelas serta teman-teman kelas yang terkadang belum bisa saya pahami maksud & keinginan mereka.

*Solusi :
Saya akan berusaha dan terus mencoba berperilaku adil terhadap keputusan dan siap menerima kritik & saran yang teman-teman berikan serta memperbaikinya di kemudian hari.

*Pemecahan :
Mencoba berdiskusi dengan teman-teman kelas atas apa yang mereka inginkan.

#sumber :
http://fisip.uns.ac.id/yonie/2010/05/11/pengertian-kelompok/
http://www.artikata.com/arti-333945-kelompok.html

Single Post Navigation

Leave a Reply

