azeliasarah's mind

exploration of my mind

ORGANISASI KEPARTAIAN

NAMA : AZELIA SARAH YUSUFA
NPM : 11110265
KELAS : 2KA17

• LATAR BELAKANG

Indonesia adalah negara kesatuan yang terdiri dari beraneka ragam agama , kebudayaan dan tradisinya terutama , agama sering menjadi perbincangan . Memang agama yang diakui di negara ini ada 5 , namun tak sedikit golongan yang menganut aliran atau kepercayaan lain selain 5 agama yang diakui tersebut . Walau begitu , golongan-golongan itu tetap menganut aliran atau kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Indonesia juga merupakan negara demokrasi , dimana sudah dapat dipastikan banyak bermunculan partai-partai politik. Partai-partai inilah yang nantinya mewakili agama , suku , adat dari suatu wilayah di Indonesia sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi dari pengikut-pengikutnya.
Namun , tidak banyak partai yang berlandaskan agama yang tetap eksis , karena tidak didukung program kerja yang baik.

Terdapat partai yang mewakili suatu agama namun tidak didukung dengan program-program kerja yang menghormati agama lain , hal ini yang membuat perpecahan di partai tersebut .
Namun , ada pula partai yang mewakili suatu agama yang mempunyai program kerja yang baik sehingga dapat meyakinkan masyarakat untuk memilih partai tersebut dengan tetap menghormati agama atau kepercayaan lain.

Seperti itulah gambaran singkat mengenai partai yang berlandaskan agama di Indonesia.
Sebuah partai yag baik seharusnya memiliki program kerja yang baik pula .

• PERMASALAHAN

1. Apakah ideologi PKS dapat diterima oleh masyarakat yang menganut berbagai macam agama dan aliran kepercayaan ?

2. Bagaimana cara PKS mengajak masyarakat untuk mengajak anggota atau memilih partai tersebut dalam pemilihan presiden atau pemilihan anggota parlemen ?

• LANDASAN TEORI

Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berdasarkan pancasila , dimana salah satu sila-nya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan dasar sila pertama ini , maka eksistensi atau keberadaan PKS sebagai organisasi kepartaian yang berlandaskan agama islam cocok dan sejalan dengan dasar negara Indonesia.

Namun demikian, sebagai organisasi kepartaian , PKS tidak boleh menjadikan agama sebagai dasar negara karena jika itu yang terjadi berarti PKS telah menyalahi ketetuan yang menjadi dasar negara Republik Indonesia , yaitu menjadikan pancasila sebagai dasar negara.

Berdasarkan pancasila, semua agama yang mempunyai keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa mempunyai hak untuk hidup dan berkembangdi wilayah Republik Indonesia.

Landasan ini perlu tetap dipertahankan agar konsep negara kesatuan Republik Indonesia tetap terjamin keberadaannya mengingat secara faktual bangsa Indonesia terdiri dari berbagai macam suku yang menganut agama berbeda , yakni : islam , Kristen , hindu , budha , bahkan terdapat juga suku atau golongan yang menganut aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

• PEMBAHASAN MASALAH

1. Apakah ideologi PKS dapat diterima oleh masyarakat yang menganut berbagai macam agama dan aliran kepercayaan ?

Indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku yang menganut kepercayaan berbeda , mempunyai berbagai macam budaya dan tradisi yang dipegang erat oleh para pengikutnya.
Kondisi ini haruslah diperhatikan oleh setiap organisasi termasuk PKS jika mereka tetap ingin diakui keberadaannya.
Dengan mengakui dan menghormati keanekaragaman agama , kepercayaan , budaya dan tradisi tersebut , PKS akan mendapat simpati dan akan dipilih oleh masyarakat.
Disamping itu , jika eksistensi dan landasan organisasinya telah diakui oleh masyarakat , PKS juga harus membuat dan menunjukkan program-programnya yang berpihak kepada masyarakat terutama program yang mengutamakan keadilan , ketertiban , keamanan , kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.
Tanpa hal tersebut diatas , maka sulit dibayangkan PKS akan diterima apalagi dipilih oleh masyarakat Indonesia yang memiliki aneka ragam suku , agama , budaya dan tradisi yang berbeda- beda.

2. Bagaimana cara PKS mengajak masyarakat untuk mengajak anggota atau memilih partai tersebut dalam pemilihan presiden atau pemilihan anggota parlemen ?

1. Mengakui dan menghormati suku lain yang mempunyai agama atau kepercayaan lain.
2. Merancang , membuat serta mengutamakan keamanan , ketertiban , kesejahteraan tanpa memandang perbedaan yang ada .
3. Mengikutsertakan masyarakat non-islam dalam program kerja mereka
4. Berempati dan peduli terhadap penderitaan suku atau umat lain yang sedang mendapat masalah atau kesusahan walaupun mereka bukan warga PKS.
5. Membuat dan mengutamakan program yang mendukung dan memperkuat NKRI.

• KESIMPULAN

Sebaiknya tidak hanya partai yang berlandaskan agama saja , tetapi semua partai merancang , membuat dan mengutamakan point point yang telah disebutkan diatas . Tujuannya adalah agar tidak terjadi perpecahan di dalam partai tersebut .
Sebuah partai yang baik adalah partai yang mampu mempertahankan keberadaannya dengan adanya program kerja yang baik pula.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: